Cara membayar pajak stnk online

Membayar uang pajak stnk online tentu lebih mudah ketimbang harus menyambangi langsung kantor samsat di kota kamu. Selain memberikan kemudahan, pembayaran stnk secara daring juga dapat menghemat banyak waktu lantaran kamu bias melakukannya dari mana saja dan kapan pun tanpa harus terikat dengan ritme jam kerja. Dengan demikian, pembayaran tersebut tidak akan menyebabkan kamu harus bolos kerja seperti kebanyakan orang lainnya. Meski pembayaran secara online sudah tersedia namun faktanya, masih saja banyak orang yang memilih metode konvensional, dengan mendatangi langsung kantor samsat.

Memang perlu diakui, sosialisasi dari pihak kepolisian masih sangat minim. Terbukti, masih sangat sedikit sekali masyarakat yang tau mengenai pembayaran pajak stnk online. Apalagi, setiap hari antrian di kantor samsat selalu membludak. Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa masyarakat masih gemar dengan metode konvensional meskipun ada metode lain yang lebih solutif. Seharusnya pihak terkait menyadari akan hal ini dan melakukan perubahan terhadap system pembayaran agar masyarakat mau memanfaatkan teknologi ketimbang metode metode konvensional.

Selain pembayaran online, ada baiknya pembayaran stnk juga dapat dilakukan di minimarket seperti alfamart dan indomart yang outletnya sudah menggurita di daerah-daerah. Dengan demikian, akan semakin mudah cara membayar stnk online. Selain itu, cara tersebut juga dapat menggenjot tunggakan pajak yang acap kali terjadi setiap tahun. Masyarakat akan merasa mudah dan tidak lagi merasa dipersulit dengan skema birokrasi di tanah air yang terlanjur terkena stigma negatif dari masyarakat.

Dengan menerapkan skema pembayaran online, bahkan lewat aplikasi mobile, maka masyarakat Indonesia perlahan lahan akan mulai terbiasa dengan kultur online. Dengan demikian, tradisi korupsi, kolusi dan nepotisme juga perlahan lahan akan pudar dengan sendirinya lantaran semua urusan birokrasi sudah diatasi oleh system dan mesin. Hal tersebut akan semakin mempersempit praktik suap di lapangan yang sudah terlanjur tersohor di tanah air. Sudah selayaknya berbagai metode pembayaran, terutama yang berhubungan dengan negara terintegrasi secara online agar memudahkan semua pihak dalam membayar kewajiban bulanan mereka.

Setidaknya, pembayaran stnk online merupakan angina segar bagi kita masyarakat Indonesia di tengah-tengah keterpurukan birokrasi. Meski belum seutuhnya sempurna, perlahan-lahan metode ini akan menjadi metode primer dalam pembayaran pajak. Ada saat di mana kamu akan melihat loket-loket pembayaran listrik, pajak, air, telepon sepi lantaran orang-orang sudah sepenuhnya melek teknologi dan memeiliki kesadaran virtual yang tinggi, sehingga lebih memilih metode online untuk melakukan pembayaran secara virtual. Hal tersebut tentunya juga akan lebih membutuhkan para pakar IT yang kompeten untuk menciptakan sebuah system yang mumpuni dan mampu mengakomodir kebutuhan para pengguna. Jika tidak, negara kita akan terus tertingga jauh dari negara lain di Asia.

Negara lain, seperti Malaysia, Thailand, dan singapur sudah terlebih dahulu memulai skema pembayaran pajak stnk online. Sementara kita baru saja memulai. Mungkin ungkapan “lebih baik telat daripada tidak sama sekali” cocok kita pegang dalam situasi ini. Ada baiknya juga kita belajar pada negara yang sudah terlebih dahulu menerapkan system tersebut untuk mengetahui lebih jelas bagaimana menerapkan system ini dan dampak apa saja yang dihasilkan. Dengan demikian, kita dapat mempelajari plus minus dari penerapan pajak online dari negara tetangga. Semoga skema tersebut dapat kita terapkan pada semua lini sehingga kita terbiasa dengan kultur teknologi yang lebih modern dan dapat memberi dampak positif secara massif.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*