Cara Mencari Pinjaman Lunak Tanpa Jaminan dan Persyaratannya

Kebutuhan manusia semakin meningkat, hal ini tercermin pada kondisi negara yang sedang tidak stabil dalam bidang perekonomian. Tidak heran segalanya menjadi semakin naik, mulai dari harga sembako hingga harga barang-barang tertentu menjadi tinggi. Ini mengakibatkan segalanya menjadi serba mahal dan mau tidak mau bahkan mengharuskan seseorang untuk melakukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbicara mengenai pinjaman, pastinya Anda menginginkan suatu pinjaman lunak tanpa jaminan yang memang dapat memberikan keuntungan yang tinggi untuk Anda.

Sebagai peminjam yang sedang mencari dana pinjaman tunai dengan tanpa menyertai jaminan, biasanya terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan Anda harus mengetahuinya. Berikut beberapa persyaratannya.

Persyaratan Pinjaman Lunak Tanpa Jaminan

 

mencari pinjaman lunak tanpa jaminan

1. Kartu Identitas atau KTP

Dalam segala hal yang berkaitan dengan proses administrasi, pastinya persyaratan berupa Kartu Tanda Pengenal atau KTP menjadi persyaratan utama yang harus dipenuhi. Sebab ini merupakan salah satu tanda pengenal resmi yang memang berlaku untuk setiap warga negara yang diakui keberadaannya di negeri ini. Dengan menyerahkan KTP, berarti segala identitas diri Anda memang tercatat secara resmi di kantor kecamatan dimana Anda menetap.

2. Slip Gaji

Inilah biasanya yang menjadi syarat kedua dalam suatu pengajuan pinjaman lunak tanpa jaminan. Dengan slip gaji pastinya pihak peminjam akan dapat mempertimbangkan apakah Anda layak mendapatkan pinjaman tanpa agunan atau jaminan sebab hanya dari slip gaji satu-satunya yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pasti untuk proses verifikasi data milik Anda.

3. Batas Penghasilan

Pihak peminjam juga biasanya akan mempertimbangkan dari batas penghasilan yang Anda miliki. Inilah mengapa poin kedua yakni berupa slip gaji juga menjadi persyaratan yang umumnya diperlukan. Untuk itu, pastikan batas penghasilan Anda memenuhi kriteria dari tempat Anda melakukan pinjaman. Untuk setiap tempat pinjaman uang sendiri biasanya memberlakukan aturan yakni peminjam sekurang-kurangnya telah memiliki penghasilan minimum sebesar UMR atau Upah Minimum Regional dimana ia bekerja.

Sebab dengan UMR yang dijadikan acuan standar dapat mengasumsikan bahwa si peminjam memang dapat menjadi kriteria minimal sebagai nasabah atau peminjam uang. Sebaliknya jika masih dibawah UMR, biasanya akan sulit untuk mendapatkan persetujuan dari proses verifikasi data.

4. Syarat Batas Usia

Batas usia juga menjadi pertimbangan yang biasanya diperhitungkan dalam melakukan pinjaman yang mana tanpa adanya syarat agunan atau jaminan. Ini mengindikasikan bahwa usia memang berpengaruh pada syarat apakah si peminjam dapat dipercaya untuk mampu membayar angsuran atau tidak nantinya setiap bulannya. Untuk beberapa tempat pinjaman uang tanpa jaminan biasanya memberikan batas minimal usia yang menjadi persyaratan adalah 21 tahun ke atas, atau dalam rentang usia 21 hingga 60 tahun.

Dalam masa usia tersebut memang menjadi usia rata-rata seseorang berada pada masa produktif yang juga memang pada rentang usai tersebut seseorang dianggap sudah memiliki tingkat kematangan dari jenjang usia 20 hingga hampir setengah abad, dan pada usia tersebut juga merupakan usia masa seseorang dalam proses bekerja. Baru setelah usia 60 tahun seseorang akan mengalami pensiun kerja.

5. Limit Pinjaman

Pinjaman lunak tanpa jaminan juga sama seperti jenis pinjaman lainnya yang memang memberlakukan juga adanya peraturan limit pinjaman. Ini biasanya disesuaikan dengan pendapatan perbulan yang Anda miliki, sehingga bila disimpulkan memang akan menjadi suatu pernyataan dasar apakah Anda mampu melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya atau tidak dengan penghasilan atau pendapatan yang Anda miliki setiap bulannya.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*