Cara Pinjam Jaminan Sertifikat Rumah di Bank

Mengakses dana pinjaman dengan besaran mencapai ratusan juta, tentunya memerlukan jaminan dengan tafsiran nilai jual yang juga besar. Pinjaman dengan nominal lebih dari seratus juta, biasanya banyak diakses oleh para pengusaha yang telah mengerti tentang seluk beluk pinjaman diberbagai lembaga keuangan. Salah satu agunan yang dapat dijadikan sebagai jaminan dalam peminjaman dengan nominal besar ini adalah sebuah sertifikat rumah. Pinjam jaminan sertifikat rumah ini, biasanya banyak diberikan oleh lembaga-lembaga keuangan bank atau lembaga keuangan setingkat bank lainnya.

Sertifikat rumah adalah surat berharga yang memiliki nilai tersendiri untuk dapat dijaminkan menjadi sebuah agunan pada berbagai lembaga keuangan. Oleh karena itu sebelum menjaminkan sebuah rumah kepada sebuah lembaga keuangan untuk mendapatkan pinjaman dana, ada baiknya Anda mengetahui nilai tafsir jual dari rumah yang hendak Anda jadikan sebagai agunan tersebut. nilai tafsir inilah yang nantinya akan digunakan oleh lembaga keuangan dalam memberikan pinjaman kepada Anda, dan jika Anda mendapatkan plafon pinjaman dibawah kebutuhan dana dan tafsir nilai jual rumah, Anda dapat menolak pinjaman tersebut dan mengakses pinjaman dari lembaga lain. Itulah mengapa, mengetahui nilai tafsir jual rumah menjadi hal yang harus Anda ketahui.

Jenis kredit yang dapat Anda akses, ketika mengajukan proses pinjam jaminan sertifikat rumah ini adalah jenis kredit multiguna, yang biasanya terdapat disetiap lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Kredit ini merupakan sebuah pinjaman yang dapat diakses oleh siapa saja dengan plafon pinjaman mencapai 500 juta, dengan peruntukan pinjaman yang tidak ditentukan olah bank, tetapi menurut kebutuhan para calon nasabahnya.

Untuk menjamin keamanan dari dokumen penting yang Anda jaminkan, yang dalam hal ini adalah sertifikat rumah, ada baiknya Anda mengajukan pinjaman kepada sebuah bank yang telah banyak dipercaya oleh masyarakat pada umumnya. Selain tingkat keamanan dokumen yang dijadikan jaminan, kelebihan lain ketika Kita mengajukan kredit multiguna pada sebuah bank, antara lain adalah:

mengajukan pinjam jaminan sertifikat rumah

1. Bunga yang dibebankan pada calon nasabah relatif rendah, sehingga tidak membuat para peminjam yang mengakses jenis pinjaman ini, tidak terlalu terbebani dengan besaran cicilan dan bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya.

2. Pemberian asuransi jiwa dan asuransi lainnya yang terkait dengan pinjaman tersebut, sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan nasabah yang mengakses pinjaman tersebut, nilai pinjaman yang belum dibayarkan oleh nasabah tidak akan menjadi tanggungan para ahli waris nya.

3. Adanya surat perjanjian dan prosedur detail yang harus dilewati oleh kedua belah pihak sebagai peminjam dan pihak yang memberikan pinjaman, sehingga legalitas dari pinjaman dapat terjamin secara aman.

4. Tenor waktu yang diberikan panjang yang mencapai 60 kali cicilan.

Dalam proses pinjam jaminan sertifikat rumah ini, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pihak bank akan melakukan prosedur nilai tafsir jual dari aset yang dijaminkan atau yang dikenal dengan prosedur appraisal yang membutuhkan waktu agak lama, maka proses pencairan dan pinjaman yang diajukan oleh para nasabah pun akan menjadi lebih lama. Pada umumnya dalam pengajuan kredit dengan jaminan aset tertentu akan membutuhkan waktu yang berkisar antara 7 hingga 14 hari kerja. Oleh karena itu agar proses pengajuan kredit yang Kita lakukan dapat berjalan dengan lancar dan hanya memakan waktu minimal, ada baiknya persiapkanlah dahulu dokumen-dokumen penyerta yang diperlukan dengan lengkap dan detail, agar pihak bank dapat langsung menerima persyaratan dan aplikasi pengajuan kredit Kita.

 

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*