Daftar Hutang di Era Jokowi

Indonesia sejak dahulu memang masih belum bisa terlepas dari berbagai hutang yang menggeluti negara ini. Ada bermacam-macam hutang yang sudah dibuat oleh Indonesia bahkan sampai era presiden sudah berganti pun masih ada saja hutang di Indonesia. Sebagian hutang di era Jokowi ini juga merupakan hutang bawaan yang dibawa sejak pemerintahan yang sebelumnya dan sampai saat ini belum dapat diselesaikan. Oleh karena itu sudah saatnya Indonesia berbenah agar hutang ini bisa cepat terselesaikan dan melakukan perubahan untuk negeri ini.

Daftar Hutang di Era Jokowi
Daftar Hutang di Era Jokowi

 

Jika dihitung-hitung, hutang Indonesia juga jumlahnya cukup besar sehingga sebenarnya harus segera untuk dikembalikan. Hutang Indonesia sendiri terbagi dalam 2 buah sektor yaitu hutang luar negeri dan juga sektor hutang yang berkaitan dengan sektor swasta termasuk beberapa perusahaan swasta yang ada di Indonesia. Untuk mengembalikan hutang ini pastinya merupakan sebuah pekerjaan besar untuk Indonesia di tengah banyaknya gejolak dalam ekonomi.

Sebagai warga negara maka tidak ada salahnya untuk kita mengetahui apa saja sebenarnya hutang yang dimiliki oleh Indonesia. Berikut ini adalah daftar hutang luar negeri yang terkumpul sampai saat ini antara lain:

  1. Hutang dengan Singapura dengan total 56,8 miliar USD.
  2. Hutang dengan Jepang dengan total 32,6 miliar USD.
  3. Hutang dengan Amerika dengan total 11,3 miliar USD.
  4. Hutang dengan Belanda dengan total 11,7 miliar USD.
  5. Negara lainnya seperti Australia, Jerman dan Korea memberikan hutang dengan besaran dibawah 10 miliar USD.

Jika sudah mengetahui siapa saja negara yang bisa memberikan hutang untuk Indonesia maka kini adalah saatnya untuk bisa mengetahui siapa saja organisasi internasional yang memberikan hutang kepada Indonesia. Untuk organisasi ini sendiri sebenarnya masuk dalam golongan swasta yang memberikan hutang. Berikut ini adalah hutang yang dimiliki oleh Indonesia dari golongan ini antara lain:

  • IBRD dengan total hutang sebesar 11,6 miliar USD.
  • ADB dengan total hutang sebesar 6 miliar USD.
  • IMF dengan total hutang sebesar 2 miliar USD.

Total hutang yang dimiliki Indonesia jika di total maka pasti hasilnya sangat besar sekali. Hal inilah yang membuat Indonesia sulit sekali untuk maju karena tidak bisa melunasi hutang yang menghambat pertumbuhan uang yang ada di negara ini. Sudah kewajiban kita sebagai warga negara untuk selalu membayar pajak yang merupakan kewajiban kita agar hutang ini juga bisa segera dilunasi dan juga bisa digunakan untuk hal yang berguna. Jokowi sendiri sudah mulai menyusun strategi untuk melunasi hutang tersebut. Hutang di era Jokowi memang merupakan salah satu rekor terbesar hutang yang pernah di pegang Indonesia. Oleh karena itu sudah ada banyak langkah yang diambil Jokowi untuk dapat menyelesaikannya.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*