Hindari Hal Ini Jika Tak Ingin Bisnis UKM Anda Gagal!

Jika dihitung dengan sebuah prosentase, mungkin orang yang memulai usaha dan menemui kegagalan bisa mencapai 60% dari skala 100%. Artinya semakin banyak orang yang gagal dalam memulai usaha dibandingkan dengan yang berhasil. Bahkan kadangkala ketika bisnis ini berjalan, tak jarang di tengah jalan menuai kegagalan. Meskipun mungkin yang dijalankan merupakan bisnis UKM, kemungkinan kegagalan baik di awal maupun di tahapan bisnis yang telah mature akan selalu ada. Lalu apa sebenarnya penyebab dari kegagalan ini.

 

Banyak kita saksikan, para pengusaha ini hanya sedikit yang bisa bertahan dan bangkit lagi untuk terus mengembangkan bisnisnya. Padahal keuletan salah satu kunci mengatasi kegagalan. Selain itu ada beberapa kriteria lain yang bisa menjadi modal awal kesuksesan seperti berikut ini:

 

  1. Menjadi orang yang tidak mudah berpuas diri.
  2. Orang yang suka tantangan dan suka belajar serta mencari tahu hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya.
  3. Menjadi orang yang suka bermimpi dan berkhayal .
  4. Suka mengeluarkan ide atau pikiran yang berbeda dari orang lain.
  5. Seringkali membuat orang lain merasa tidak mampu mengikuti ritmenya karena dia selalu ingin bergerak maju dan menjadi dinamis.
  6. Memiliki banyak ide dan kreatifitas.
Baker in Shop Doorway
Baker in Shop Doorway

Apakah memiliki ciri diatas saja sudah dianggap cukup? Jawabannya belum tentu. Karena berbisnis juga dibutuhkan nyali dan orang yang siap menerima segala kemungkinan atau kondisi. Banyak yang mengatakan jika terlalu banyak berencana, maka bisnis tidak akan pernah bisa dijalankan. Hal ini memang ada benarnya, tapi bagaimanapun perencanaan yang matang juga menjadi kunci sukses dari sebuah usaha. Adapun yang dimaksud jangan terlalu banyak berencana adalah ketika Anda mendapatkan sebuah kesempatan. Segera ambil kesempatan tersebut karena biasanya hal baik tidak akan datang dua kali.

 

Namun tentu untuk menjalankannya Anda harus memiliki konsep yang matang, baik dari sisi permodalan, sisi pemasaran, dan juga sisi operasionalnya. Salah satu cara untuk menjalankan usaha yang memiliki konsep matang dan harus segera diambil ketika ada kesempatan adalah membangun usaha yang sesuai minat dan kecintaan Anda. Jika Anda memiliki passion terhadap apa yang Anda jalankan, tentu Anda akan mudah menanamkan rasa memiliki dan mengembankan usaha. Termasuk dalam menemukan motivasi dan alasan yang tepat untuk membangun usaha tersebut.

 

Tapi pasti akan ada pertanyaan, jika telah memiliki semua yang telah dijelaskan diatas, mengapa bisnis tetap menuai kegagalan? Jawabannya mungkin karena hal-hal berikut ini:

 

  • Memiliki rasa kepercayaan diri yang terlalu tinggi atas usaha yang akan Anda jalankan tanpa mendengarkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen.
  • Tidak siap menghadapi persaingan dengan lawan bisnis.
  • Tidak merencanakan iklan dan promosi dengan matang, hanya mengandalkan promosi melalui mulut ke mulut karena Anda menganggap bisnis ini adalah bisnis kecil.
  • Anda tidak siap menghadapi kejahatan dalam bentuk digital seperti peretasan web .
  • Anda tidak menjalin hubungan baik dengan karyawan, lebih baik Anda menganggap mereka keluarga alih-alih menganggap mereka sebagai pekerja.

 

Selain itu, banyak juga yang menerapkan strategi harga yang tidak tepat ketika memulai bisnis UKM ini. Seperti membuat harga yang terlalu tinggi dengan alasan produk Anda berbeda dengan yang lainnya. Lebih baik memilih harga yang ada di pasaran. Ketika Anda sudah mendapatkan sedikit keuntungan dari bisnis ini, ada baiknya juga Anda tidak terburu-buru untuk melalukan pengembangan. Seperti membuka cabang misalnya. Semakin mudah pelanggan mendapatkan permintaan mereka, maka eksklusifitas produk Anda menjadi kurang. Pesaing juga akan semakin mudah meniru.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*