Langkah Jitu Memulai Bisnis Culinary

Langkah Jitu Memulai Bisnis Culinary
Langkah Jitu Memulai Bisnis Culinary

Makan merupakan salah satu hal wajib untuk dilakukan dalam rangka melanjutkan hidup. Makan juga selalu disebut-sebut sebagai salah satu hal yang menjadi kebutuhan dasar dan pokok untuk mempertahankan kehidupan bagi semua makhluk terutama manusia.

Meskipun demikian, perkembangan peradaban manusia telah tinggi membuat makan tidak hanya untuk mengisi perut saja, namun memiliki nilai lebih yang terdapat pada lidah sebagai perasa dan tubuh sebagai penyerap nutrisi. Bagi Anda yang dapat membaca mengenai kebutuhan dasar dan pokok manusia tersebut, maka bisnis kuliner merupakan salah satu yang cocok dikembangkan.

Harus diakui juga jika membuka bisnis dengan konsep kuliner memang cukup menjanjikan keuntungannya, karena biasanya pendapatan atau laba yang didapatkan bisa lebih dari harga pokok dari bahan yang diolah. Namun hal ini kembali lagi kepada keahlian Anda dalam mengolah cita rasa dari makanan yang menjadi usaha Anda, jika memang terasa lezat maka orang tidak akan complain meskipun harga makanan yang Anda patok mahal.

Untuk Anda yang memang memiliki passion dalam usaha bisnis kuliner, Anda dapat memulai usaha dengan memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

Pemasaran atau target pasar. Meskipun ini merupakan salah satu teori yang ketika di lapangan akan berbeda bagaimana prosesnya, namun pemilihan target pasar memang menjadi suatu hal yang cukup berpengaruh. Anda juga harus dengan sabar dan cermat mengetahui tentang bagaimana orang yang kemungkinan menikmati makanan Anda, apakah remaja dewasa atau anak-anak.

  1. Mengetahui supplier untuk pemasok bahan baku. Sebelum memulai atau melangkah ada baiknya Anda survey pasar terlebih dahulu atau datang langsung ke tempat pembuat dari bahan baku makanan yang akan Anda buat. Tentukan juga kualitas bahan apakah cocok untuk usaha Anda atau juga tidak.
  2. Mengolah inovasi atau kreatifitas. Untuk mendapatkan pelanggan yang banyak tentu inovasi dan kreatifitas dalam mengolah makanan merupakan salah satu nilai tambah. Buatlah makanan yang berbeda dan cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Setelah mengetahui beberapa cara dalam membuka usaha yang terjun dalam dunia kuliner, Anda juga perlu memperhatikan mengenai sumber daya manusia yang akan membantu Anda dalam menjalankan usaha, yaitu siapa lagi kalau bukan karyawan.

Usahakan untuk memberikan training dan gaji yang layak untuk karyawan Anda, sehingga mereka merasa senang dan selalu tersenyum dalam melayani konsumen yang datang kerumah makan Anda.

Selain beberapa cara di atas dapat dilakukan, yang perlu Anda ingat juga mengenai laba usaha dari bisnis kuliner tersebut. Bagi awal usaha Anda, sebaiknya ketika mendapatkan keuntungan maka sisihkanlah sedikit untuk dikemudian hari dapat membeli beberapa peralatan baru dan menggantikan peralatan yang telah using.

Hal ini juga seringkali dilupakan oleh para pengusaha dengan basis kuliner untuk dapat menggunakan peralatan yang baru karena telah usang.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*