Macam-macam Bisnis Kecil yang Menguntungkan

Di jaman yang serba mahal ini, semua orang sepertinya harus bekerja ekstra keras untuk dapat mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Berbagai barang kebutuhan mengalami kenaikan dari bahan makanan hingga kebutuhan pendidikan anak. Di saat seperti ini sepertinya mengandalkan penghasilan utama yang nominalnya tidak mengalami kenaikan saja tidaklah cukup. Diperlukan tambahan sumber dana untuk tetap dapat menikmati pola hidup seperti biasa. Tambahan penghasilan dapat diperoleh dengan melakukan sebuah atau beberapa bisnis kecil di rumah maupun di luar rumah. Bisnis ini dapat dilakukan oleh pria maupun wanita agar dapat menambah penghasilannya sehari-hari.

Contoh Bisnis Kecil yang Bisa Menambah Penghasilan

Berikut ini adalah contoh beberapa bisnis ringan atau bisnis yang kecil-kecilan yang dapat Anda terapkan untuk memperoleh penghasilan tambahan:

1. Bisnis jual pulsa

Memiliki uang dengan nominal lumayan dapat dijadikan modal untuk melakukan bisnis penjualan pulsa. Siapa saja saat ini membutuhkan pulsa baik pulsa handphone maupun listrik. Tidak perlu membuka toko jika Anda memang tidak memiliki toko atau kios di rumah, cukup bermodalkan handphone dan lembaran kertas bertuliskan iklan Jual Pulsa di depan rumah Anda. Penghasilannya lumayan untuk tambahan biaya transport sehari-hari.

2. Bisnis antar jemput anak sekolah

Biasanya bisnis ini dilakukan oleh bapak-bapak tukang ojek, namun ternyata seorang ibu-ibu rumah tangga juga dapat melakukan bisnis ini. Jika Anda adalah seorang ibu yang memiliki putra-putri yang sedang bersekolah di sekolah dasar dan setiap hari Anda datang untuk mengantar dan menjemput, maka carilah satu orang lagi yang dapat Anda antarkan bersama dengan putra atau putri Anda jika menaiki sepeda motor. Penghasilan bisnis kecil ini per-bulanannya dapat diandalkan untuk membayar uang sekolah anak Anda.

3. Bisnis ternak hewan

Carilah hewan yang sedang menjadi trend saat ini kemudian cobalah untuk beternak dari jumlah yang sedikit. Asal ada tempatnya maka hewan seperti sugar glider, kelinci hias, kucing atau anjing, penjualannya dapat menjadi tambahan income yang menyenangkan.

4. Bisnis persewaan

Carilah di rumah Anda alat-alat elektronik yang dibutuhkan oleh orang banyak, misalnya generator, sound sistem, kamera DSLR, PS, atau alat elektronik lainnya yang dapat disewakan. Anda dapat juga menyewakan pik-up jika memilikinya. Iklankan barang sewaan Anda secara online maupun offline agar banyak yang melihat iklan Anda.

5. Bisnis jual beli barang bekas

bisnis kecil jual beli barang

Jika Anda memiliki koneksi dan pengetahuan tentang internet yang memadai, maka bisnis ini dapat menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan. Awalnya Anda tidak perlu mengeluarkan modal namun hanya memposting barang bekas milik sendiri maupun teman atau tetangga yang akan dijual. Keuntungan dapat Anda tentukan sendiri dari selisih harga permintaan pemilik barang dengan harga jual yang Anda cantumkan.

6. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner memang tak ada matinya. Mulai dari bisnis cemilan hingga restoran besar semua memiliki kesempatan keuntungan yang melebihi 100% dari modal. Untuk bisnis ringan di kategori ini dapat dilakukan dengan menjual cemilan anak seperti sate bakso, pudding, brownies, hingga aneka keripik dan kerupuk yang dapat ditawarkan secara online maupun offline.

Itulah beberapa bisnis kecil yang dapat dicoba untuk menambah penghasilan keluarga atau pribadi Anda. Pilihlah mana yang paling sesuai dengan kemampuan Anda masing-masing. Selain bisnis-bisnis tersebut masih banyak lagi peluang usaha yang lain yang dapat Anda cari sesuai dengan kemampuan masing-masing. Yang paling penting adalah memiliki kemauan untuk berusaha dan tidak pantang menyerah dalam mencoba berbagai hal baru.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*