Keunggulan dan Kelemahan Mobil Baru Murah LCGC yang Ramah Lingkungan

Baru-baru ini pemerintah Indonesia mencanangkan program LCGC atau Low Cost Green Car dimana program ini ditujukan bagi para produsen mobil di Indonesia. Kampanye LCGC berisi himbauan untuk memproduksi mobil murah dan hemat yang irit bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Hal ini digagas untuk mengatasi dan membatasi gas emisi buang yang akan ditimbulkan dari meningkatnya produksi mobil baru murah.

Kampanye yang dilakukan pemerintah ini menjadi peluang yang tak dilepaskan oleh perusahaan-perusahaan pabrikan otomotif yang sudah malang melintang memproduksi mobil untuk masyarakat Indonesia. Mereka berlomba-lomba menciptakan mobil murah dengan kisaran harga yang benar-benar fantastis untuk sebuah mobil baru. Tentunya semua mobil baru murah tersebut diproduksi mengikuti standar LCGC, sehingga mobil-mobil murah tersebut irit bahan bakar juga ramah lingkungan.

Bagaimana penjelasan detail tentang keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh mobil-mobil LCGC ini? Silahkan simak uraian berikut, mengenai keunggulan dan kelebihan dari mobil LCGC di bawah ini:

  • Faktor harga

Mobil baru yang diproduksi dengan standar LCGC memang harus dijual dengan harga yang murah, sehingga para produsen membandrol mobil-mobil baru ini dengan harga kompetitif di kisaran 100 juta rupiah bahkan kurang. Hal ini jika dibandingkan dengan harga mobil baru non LCGC, tentunya mobil ini sangatlah ramah untuk kantong pembelinya. Sebagai contoh produk mobil murah dari Suzuki karimun dan Daihatsu yang dibandrol di harga 90 jutaan saja.

  • Irit BBM

Selain faktor harga, faktor lain yang disyaratkan oleh sistem LCGC adalah tentang kebutuhan penggunaan bahan bakar mobil murah yang irit. Dan hal itu tentunya dapat membuat pemilik mobil LCGC jadi bisa menghemat budget dan juga waktu.

  • Ramah lingkungan

Syarat ini dipenuhi oleh mobil LCGC yang minim sumbangannya pada emisi gas buang yang dapat mengotori udara dan merusak lapisan ozon. Dan hal ini memberi kontribusi positif dalam mengurangi dampak pemanasan global.

Namun tentu tak ada gading yang tak retak. Dibalik keunggulan yang ditawarkan mobil LCGC ini pasti juga terdapat kekurangan atau kelemahannya. Diantara kelemahan mobil LCGC adalah sebagai berikut:

  • Faktor Tenaga

Hampir rata-rata mobil murah LCGC hanya dibekali dengan mesin berkapasitas kecil sekitar 1000 hingga 1200 cc saja. Ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan mobil-mobil non LCGC. Sehingga kekuatan tenaga mobil LCGC ini tentu di bawah mobil-mobil umumnya saat dibawa berkendara.

  • Berat mobil

Sebagian besar mobil murah LCGC memiliki bobot yang sangat ringan bila dibandingkan dengan mobil-mobil kebanyakan. Dengan berat yang standar seperti itu tentunya akan membuat keseimbangan mobil saat dibawa berkendara tidak terlalu stabil. Mobil bisa oleng bila dibawa dengan kecepatan maksimal atau saat berdekatan dengan mobil-mobil berbobot berat.

  • Fitur keselamatan dan fitur tambahan

Fitur keselamatan pada mobil LCGC memang sangat standar. Kebanyakan mobil-mobil LCGC tak memiliki fasilitas airbag atau sistem pengereman ABS. Sehingga tentunya hal ini menjadi kekurangan yang dimiliki.

Namun apapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh oleh mobil baru murah ini, tetap saja kehadiran mobil murah bisa menjadi angin segar bagi masyarakat kita. Terutama bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan baru namun memiliki budget yang minim. Dan penerapan LCGC layak di apresiasi karena bisa memberikan jalan keluar bagi masyarakat baik di segi pemenuhan kebutuhan mobil murah dan juga kontribusinya yang besar bagi pelestarian lingkungan.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*