Serba-serbi Usaha Mandiri

Usaha mandiri merupakan sebuah usaha yang berdiri sendiri dan mampu untuk bertahan dan berkembang dengan inisiatif dan kemampuan sendiri. Hal yang dilakukan untuk membuat sebuah usaha mampu berkembang dan bertahan misalnya menyediakan modal, menanggung resiko, mengambil keputusan ketika menghadapi situasi tertentu, mempertanggungjawabkan keputusan berdasarkan pada kepercayaan pada dirinya sendiri selaku orang yang mengambil keputusan.

Keuntungan dilakukannya bisnis mandiri diantaranya yaitu:

– Biaya yang diperlukan relatif lebih murah karena usaha ini termasuk salah satu usaha yang sederhana dan tidak memerlukan biaya dalam jumlah yang banyak untuk mendirikannya.
– Keuntungan menjadi milik sendiri karena biasanya, orang yang memiliki usaha ini menjalankannya sendiri sehingga semua keuntungan yang masuk, sepenuhnya menjadi hak pemilik usaha.
– Pengawasan usaha dilakukan sendiri secara langsung karena pemilik usaha jenis ini merupakan pemimpin sekaligus pengelola usaha yang dijalankannya. Sehingga tidak ada rahasia dan kebocoran informasi ke pihak lain.
– Penyesuaian perubahan kondisi perusahaan dapat dilakukan dengan mudah.

Kekurangan dari usaha mandiri diantaranya yaitu semua kerugian ditanggung sendiri karena biasanya usaha tersebut dijalankan sendiri. Kesulitan dalam pengembangan modal juga merupakan salah satu kekurangan dari usaha jenis ini. Hal tersebut dikarenakan aset dari perusahaan tidak terlindungi dari tuntutan kredit yang ditujukan secara perorangan karena biasanya usaha ini menggunakan modal dari kekayaan pribadi.

Jika pemilik dari usaha tersebut tidak memiliki bakat atau skill untuk mengembangkan perusahaan, maka usaha yang dimiliki juga akan susah untuk berkembang. Keadaan yang dapat berubah dan kegiatan yang dilakukan sendiri membuat pemilik seringkali merasa bosan dan merubah tujuan perusahaan sesuai dengan keadaan pasar atau keinginan dari sang pemilik yang akan mengakibatkan kehidupan perusahaan tidak stabil. Resiko terberatnya adalah kerugian yang besar.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memulai usaha mandiri diantaranya yaitu:

– Mampu melihat dan menangkap peluang yang ada. Setiap usaha atau bisnis yang ingin bertahan dan ingin bersaing dengan usaha atau bisnis lainnya harus dapat melihat setiap peluang yang ada sekecil apapun itu. Peluang dapat dicari dengan selalu meng-update berita atau info mengenai bisnis yang sedang berlangsung.
– Harus memiliki kemampuan untuk mencari, menggali dan menyediakan sumber daya. Sumber daya yang diperlukan tidak hanya sumber daya bahan baku yang digunakan untuk produksi, namun juga sumber daya manusia dan sumber daya alat yang digunakan untuk melakukan proses usaha tersebut.
– Kemampuan untuk mengorganisasikan sumber daya usaha dan mencari sumber daya yang memang benar-benar dibutuhkan dan dapat membantu bisnis menjadi lebih berkembang.
– Kemampuan untuk menyusun rencana dan program sebab itu rencana bisnis atau blueprint sebuah usaha sangat diperlukan agar usaha tetap pada jalurnya.
– Kemampuan menerapkan rencana dan program usaha. Penerapan usaha harus disesuaikan dengan rencana bisnis yang sebelumnya telah dibuat.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*