Syarat Pengajuan KTA Bank Mandiri yang Harus Dilengkapi

Salah satu bank umum yang melayani kredit tanpa agunan adalah bank mandiri, produk KTA bank mandiri ini diberikan kepada nasabahnya yang mengajukan dan memenuhi syarat kelayakan untuk disetujui. Seperti yang kita ketahui bahwa kredit tanpa agunan biasanya selalu dikenakan bunga pinjaman yang lebih besar jika dibandingkan dengan bunga pinjaman biasa. Selain itu jika pinjaman dibayar lunas sebelum jatuh tempo juga akan dikenakan pinalti dengan besaran yang ditentukan oleh pihak bank sebagai pengganti lama yang hilang karena pembayaran yang sebelum jatuh tempo, namun nilainya tentu akan lebih kecil jika dibandingkan dengan total bunga.

Kredit tanpa agunan ini biasanya tidak semua bank melayaninya, hal ini karena keputusan memberikan pinjaman tanpa meminta jaminan ataupun agunan tentunya merupakan keputusan yang memiliki resiko yang besar. Namun pada bank mandiri hal ini tidak menjadi masalah asalkan nasabah yang mengajukan kredit tersebut dapat memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan seperti di bawah ini:

  1. Umur memenuhi

Seperti biasa batas minimal umur seseorang untuk mengajukan kredit adalah 21 tahun atau sudah menikah. Sebelum mencapai itu maka dipastikan pengajuan kreditnya akan di tolak.

  1. Rekening bank mandiri

Pemohon kredit tentunya juga harus menjadi nasabah dari bank mandiri, nasabah yang minimal sudah ada hitungan tahun memiliki rekening bank mandiri akan lebih diutamakan tentunya.

Selain batas umur minimal, juga ada batas umur maksimal yaitu biasanya adalah 55 tahun terhitung dalam masa pembayaran akhir pelunasan kredit jika disetujui nantinya. Karena dalam kisaran umur tersebut seseorang dianggap masih produktif, namun berbeda lagi jika pengajuan kredit dilakukan atas nama perusahaan ataupun unit usaha tertentu sehingga tidak ada batasan umurnya.

Pada dasarnya rekening mandiri harus dimiliki oleh calon debitur yang akan mengajukan KTA bank mandiri karena sebagai rekening koran atau rekening pencairan pinjaman jika disetujui. Namun tentunya kemungkinan disetujuinya pinjaman akan lebih besar jika calon debitur tersebut memang sudah menjadi nasabah sejak lama, syarat lainnya yang juga harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Penghasilan minim 2,5 jt payroll 3 jt non payroll

Tentu dalam setiap pengajuan pinjaman akan dilihat berapa penghasilan tetap dari setiap orang yang mengajukan kredit baik kredit tanpa agunan maupun produk kredit lainnya.

  1. Maksimal 5 kali gaji

Maksud dari point ini adalah besaran pinjaman yang dapat diajukan pada bank mandiri sudah ditentukan yaitu maksimal lama kali besar gaji yang di dapatkan per bulannya.

Penghasilan tetap merupakan aspek penilaian atas kemungkinan bisa atau tidaknya calon debitur dalam membayar angsuran pinjaman setelah pinjaman tersebut disetujui, sehingga berapa ketentuan jumlah penghasilan tersebut sudah ditetapkan dari awal. Kredit tanpa agunan yang dapat diajukan pada bank mandiri adalah mulai dari 5 juta hingga 200 juta. Dan pinjaman tersebut tidak selalu harus digunakan untuk kegiatan usaha.

Dalam setiap pengajuan kredit yang selalu menjadi syarat utama tentu saja adalah syarat yang berupa berkas maupun surat-surat yang berguna dalam administrasi pengajuan kredit. Berikut ini adalah beberapa syarat tersebut yang tentu harus dipenuhi calon debitur:

  1. Kelengkapan dokumen.

  2. NPWP.

Kelengkapan dokumen seperti identitas pribadi, KTP, surat nikah, kartu keluarga dan juga formulir pengajuan kredit tentu harus diserahkan agar proses pengajuan dapat dimulai. Selain itu NPWP juga menjadi syarat dalam pengajuan KTA bank mandiri karena orang yang memiliki nomor wajib pajak tersebut tentu saja dinilai memiliki penghasilan tetap yang layak untuk mendapatkan pinjaman.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*