Tips dan Trik untuk Mendapatkan Pinjaman Usaha

Tips dan Trik untuk Mendapatkan Pinjaman Usaha
Tips dan Trik untuk Mendapatkan Pinjaman Usaha

 

Modal usaha merupakan salah satu pilar yang sangat penting dalam dunia bisnis. Meskipun modal memang bukan merupakan sarat mutlak keberhasilan dalam sebuah bisnis, namun setidaknya kekuatan dalam hal permodalan akan membantu mendongkrak keberhasilan serta mempermudah jalan untuk mendapatkan kesuksesan dalam bidang bisnis maupun usaha kecil menengah (UKM). Namun, jika anda hingga saat ini masih terkendala dalam hal modal maka yang bisa anda lakukan adalah mengajukan pinjaman usaha. Beberapa cara yang mendukung pinjaman modal usaha dapat anda lihat dibawah ini.

Pinjaman bank

Pinjaman modal dengan jenis ini merupakan yang paling konvensional dan dilakukan oleh para pelaku usaha. Pinjaman bank yang umumnya paling diincar adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena memiliki bunga yang lebih kecil. Beberapa bank di Indonesia sudah menyediakan produk ini dengan syarat seperti berikut ini:

Usaha sudah berjalan minimal selama 6 bulan.

  1. Calon nasabah berusia minimal 21 tahun.
  2. Mengajukan surat permohonan seperti:
  • KTP,
  • KK,
  • Surat Keterangan Usaha dari pemerintah setempat,
  • Untuk masalah jaminan dapat berupa usaha yang anda jalankan maupun berbagai barang-barang lain yang memiliki nilai lebih tinggi dari dana pinjaman anda.

Menjual saham atau kepemilikan usaha

Selain mengajukan pinjaman usaha kepada bank anda juga dapat menggunakan cara yang lain. Jika anda sudah memiliki usaha yang cukup mapan, maka anda dapat menjual saham maupun kepemilikan usaha bersama. Anda juga dapat menawarkan program investasi yang tetap dengan keuntungan yang dapat anda tetapkan. Akan tetapi dalam prakteknya anda juga harus secara teliti menentukan beberapa persen jumlah yang harus anda setorkan kepada investor. Dimana sistem investasi ini memberikan keuntungan tetap kepada pihak investor. Tentunya hal ini akan berbeda halnya dengan sistem bagi hasil.

Melakukan sistem bagi hasil

Selain dengan cara meminjam dari pihak bank maupun program pinjaman lainnya, anda juga dapat mendapatkan bantuan modal usaha menggunakan bentuk kerja sama dengan beberapa pihak lain dengan menerapkan sistem bagi hasil. Adapun prinsip pembagiannya dapat anda lakukan sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat. Jika anda merasa kesulitan dalam mencari pihak yang bersedia melakukan sistem bagi hasil dengan anda maka sebaiknya cari bank yang sudah menerapkan program perbankan syariah menggunakan sistem mudarobah.

Program hibah pemerintah

Cara yang terakhir untuk mendapatkan pinjaman usaha yaitu dengan mengajukan permohonan bantuan hibah ke pemerintah. Anda dapat mengajukan permohonan bantuan modal usaha ke pemerintah pusat, kabupaten maupun provinsi. Umumnya pengajuan semacam ini dilakukan atas nama kelompok usaha atau bisnis yang terdiri dari beberapa orang. Menurut sumber yang sudah banyak diketahui terdapat cukup banyak dana bantuan sosial yang dikembalikan oleh pemerintah dikarenakan minimnya pengajuan.

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*